Selasa, 05 Juni 2012

Industri Perkapalan dalam Negeri

Industri perkapalan dalam negeri sanggup membangun kapal-kapal patroli sesuai kebutuhan Indonesia. Harga dan kualitasnya bersaing dengan buatan asing. Kepala Pelaksana Harian Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) Laksamana Madya Didik Heru Purnomo mengatakan, harga kapal patroli Indonesia termasuk murah. Harga kapal patroli kelas 40 meter hingga 50 meter pada rentang Rp 50 miliar hingga Rp 80 miliar.

"Harga satu kapal buatan asing setara dengan harga dua kapal buatan dalam negeri. Soal harga, Indonesia hanya bersaing dengan China," kata Didik, Selasa (5/6/2012) di Batam, Kepulauan Riau. Kualitas buatan Indonesia tidak kalah dibandingkan buatan asing. Kapal-kapal patroli buatan galangan dalam negeri layak untuk berlayar hingga 200 mil ke tengah laut. Bahkan, galangan dalam negeri lebih mengerti kebutuhan.

Perancang dan pekerjanya orang Indonesia. Jadi, lebih paham seperti apa karakteristik perairan Indonesia," ungkapnya. Karena itu, kata Didik, Bakorkamla memilih memesan kapal dari galangan di Batam. Saat ini Bakorkamla menanti penyelesaian kapal patroli 48 meter. Kapal itu ditargetkan beroperasi tahun depan.

Ditulis Oleh : Blogger Blogspot Dengan Judul : Industri Perkapalan dalam Negeri
Kategori:

1 komentar: